WELCOME TO HPI SUMBAR

Sairiang balam jo barabah

Balam lalu barabah mandi
Pucuak cimpago rang patahkan
Sairiang salam nan jo sambah
Salam lalu sambah kumbali
Salamaik Datang kami ucapkan....

22 September 2012

Mencari Solusi Masalah Wisata ke Pulau Mentawai dan Pembentukan Draft Wisata



Ketua HPI DPD Sumbar, Budiman diundang pada pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, tanggal 21 Sept 2012. oleh Budpar Provinsi Sumbar yang di hadiri oleh pelaku dan Stakeholder Pariwisata Sumbar : HPI, ASITA, PHRI dan para Owner Travel Agency di Sumatera Barat.

Dalam hal ini sangat tampak kalau pengelolan pariwisata ke Pulau Mentawai harus dikemas dengan baik serta harus di lengkapi dengan fasilitas yang memadai. Sangat banyak masukan yang diberikan oleh para pelaku wisata ke Pulau Mentawai ini, yang pada umumnya berorientasi kepada wisata Surfing saja. 
Dalam hal ini Anggota DPRD Kab. Mentawai, Hanum Suhairi mengatakan.yang perlu di upayakan adalah sebuah model ketentuan daerah yang dapat menunjang perekonomian Rakyat setempat dimana sejauh ini belum terasa dampaknya kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini Ketua DPD HPI Sumbar mengatakan apapun yang akan dibuat dan dilaksanakan, semua itu tidak akan terlepas dari beberapa aspek :

1: Menjadikan Pelabuhan Muara terlepas dari kesan Premanisme : disini sering terjadi para Pemandu Wisata ( Guide ) menjadi ajang pemerasan oleh para pemuda yang ada di sekitar pelabuhan dengan dasar uang pemuda lah untuk mendapatkan minuman untuk mereka.
2: Perlunya tempat Wajib lapor kepada semua tamu dan Guide yang melakukan wisata ke Mentawai,dan kemana laporan itu diserahkan
3: Perlunya SDM yang berkualitas dan Guide yang bekerja juga memiliki Legalitas yang jelas sebagai pemandu wisata Resmi dan telah memiliki Kartu Guide nya.

Memang sangat banyak hal yang harus di persiapkan oleh Kab Mentawai supaya kunjung wisata ke mentawai dapat mengangkat perekonomian masyarakat dan semua tamu yang berkunjung juga dapat menikmati wisata mereka.

Dalam pertemuan itu yang di wakili oleh Kadis Budpar Propinsi mengatakan perlunya kerja keras semua pihak untuk dapat memberikan konstribusi yang besar untuk meningkatkan kualitas Wisata ke Pulau Mentawai.

Disamping itu Ketua ASITA juga mengatakan: Wisata ke Pulau Mentawai tidak bisa terlepas dari Track Culture kesana, karena dampak yang di rasakan sangat banyak dirasakan oleh masyarakat seperti : 
- Kita memakai dan menyewa trasport ke perkampungan masyarakat Mentawai. 
- Nginap dan melakukan kegiatan seperti orang Mentawai.
Nah inilah yang tepat untuk di lakukan sebagai bentuk dari kepedulian kita kepada masyarakat yang di kunjungi dan pembuatan Draft Perda untuk Kab mentawai yang berkenaan dengan Wisata Surf dan Budaya ke Pulau Mentawai.


2 comments:

  1. Assalamu'alaikum..
    Saya Rusdi Yanto guru bahasa jepang sma/smk di padang panjang. Minta bantuan informasi bagaimana dan kemana bisa mendaftar jadi anggota HPI Sumbar? Sangat ditunggu balasannya. Terima kasih..

    ReplyDelete
  2. "This is a Vape Blogs smokclub brings together vapalien the best e-cigarette products currently on the market, the latest reviews, player discussions and discounts esmokvapor
    "

    ReplyDelete